Kamis, 16 November 2017

Nurul Amalia Syahrullah Yulianto

Nama : Nurul Amalia Syahrullah Yulianto
NIM : 16410165

Kognisi Sepanjang Kehidupan Manusia

Dalam setiap periode usia, manusia mengalami perubahan kognitif yang berubah-berubah. Piaget membuat teori tentang empat periode utama dalam perkembangan kognitif manusia, antara lain periode sensorimotor, periode pra-operasional, periode operasional konkret, dan periode operasional-formal.
a. Periode sensorimotor terjadi pada usia baru lahir sampai usia dua tahun. Pada periode ini, manusia merespon yang bersifat bawaan dan secara refleks yang tidak disengaja. Pada fase selanjutnya, gerakan-gerakan refleks bayi mulai terkontrol. Misalnya, ketika bayi diletakkan di dada ibunya, bayi akan secara refleks bergerak mencari puting ibunya kemudian menghisapnya.
b. Periode pra-operasional terjadi pada usia dua sampai tujuh tahun. Pada periode ini yang awalnya anak masih bergantung pada orang lain, dia sudah mulai mandiri namun masih harus diawasi oleh orang dewasa. Pada periode ini, anak sudah mulai berpikir namun belum bisa mengembangkan sistem organisasi pikirannya. Pada masa ini anak bersifat egosentrisme, yaitu hanya memikirkan dirinya sendiri. Mereka masih sulit membedakan antara persepsi mereka dengan persepsi orang lain. Karena pada masa ini anak sudah bisa berpikir, anak sudah bisa berpura-pura melakukan sesuatu.
c. Periode operasional konkret terjadi pada usia tujuh sampai sebelas tahun. Periode ini merupakan tahap penyempurnaan dari tiga ranah penting dalam pertumbuhan intelektual, antara lain konservasi, klasifikasi, dan transivitas.
Konservasi, yaitu kemampuan untuk mentransformasikan sifat suatu objek.
Klasifikasi, yaitu mengelompokkan beberapa objek yang mirip. Misalnya, anak pada tahap ini sudah bisa mengelompokkan mana yang termasuk hewan dan mana yang tidak termasuk hewan.
Seriasi dan transivitas. Seriasi yaitu kemampuan untuk merangkai beberapa objek secara bersamaan menurut suatu hubungan tertentu. Sedangkan transivitas berhubungan dengan kemampuan seriasi.
d. Periode operasional-formal terjadi pada usia remaja dan dewasa tepatnya umur sebelas tahun ke atas. Pada periode ini pikiran anak sudah bersifat umum dan menyeluruh, anak sudah mampu berpikir secara proporsional, sudah dapat membuat hipotesis atau kesimpulan, dan perkembangan idealisme yang kuat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar