Kamis, 16 November 2017

herlina

KOGNISI SEPANJANG MASA KEHIDUPAN
Kognisi manusia, ditinjau dari sudut pandang perkembangan , adalah hasil dari rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal. Persepsi, memori, bahasa, dan proses berpikir kita dikendalikan oleh struktur genetic dasar yang kita warisi dan perubahan yang kita alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam berbagai interaksi fisik dan social. Intinya, kognisi berkembang dalam bentuk peningkatan mengikuti pola-pola yang teratur sejak bayi hingga masa dewasa, dan beberapa kemampuan kognitif mengalami penurunan pada masa tua.

Asimilasi dan Akomodasi : Piaget
Jean Piaget menetapkan bahwa intelektualitas, sebagaimana fungsi-fungsi biologis, adalah hasil dari adaptasi evolusioner, dengan demikian maka jalan terbaik untuk memahami sifat dasar pikiran orang dewasa adalah melalui sudut pandang biologis dan evolusioner, melalui penelitian terhadap aktivitas mental sejak lahir , serta observasi terhadap perkembangan dan perubahannya sebagai upaya proses adaptasi terhadap lingkungannya.

Prinsip-prinsip Umum Piaget ada dua dalam perkembangan kognitif, yaitu:
1.Organisasi mengacu pada sifat dasar struktur mental yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami dunia.
2.Adaptasi mencakup dua proses , yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah proses perolehan informasi dari luar , pengasimilasiannya dengan pengetahuan dan perilaku kita sebelumnya. Akomodasi meliputi proses perubahan (adaptasi) skema lama untuk memproses informasi dan objek-objek baru di lingkungannya.

Pikiran dalam Masyarakat : Vygotsky
Sekalipun Vygotsky dan Piaget hidup sezaman dan sama-sama tinggal di Eropa, mereka tidak pernah bertemu. Merekapun tidak saling tahu mengenai karya masing-masing. Tetapi Vygotsky lebih dahulu mengenal Piaget. Terdapat kemiripan dan perbedaan teori di antara kedua ahli ini.
Tahap-tahap perkembangan Vygotsky mengamati cara anak memilah-milah objek, seperti memilih balok yang berbeda ukuran, warna, dan bentuk.Proses pemilihan tampak berantai dan berubah-ubah.Berdasarkan observasi, Vygotsky berpikir bahwa anak melalui tiga tahapan dalam perkembangan konseptual, yaitu :
1.Pembentukan konsep tematik, dimana hubungan antar objek dinilai penting .
2.Pembentukan konsep berantai.
3.Pembentukan konsep abstrak yang menyerupai pembentukan konsep pada orang dewasa.

Perkembangan Saraf
Ada empat pendekatan digunakan dalam neuropsikologi perekembangan , yaitu:
1.Penelitian perkembangan system saraf dalam hubungannya dengan perubahan kognitif
2.Penelitian kognitif sepanjang rentang kehidupan individu berangkat dari kematangan neurologis
3.Penelitian patologi neurologis atau kerusakan yang mengakibatkan perubahan kognitif
4.Penelitian eksperimental dengan memanipulasi otak atau dengan memperkenalkan beberapa variable independen dan mengobservasi aktivitas otak , sebagaiman dilakukan pada penelitian PET
Jadi, Sepanjang rentang kehidupan , sejak bayi hingga usia lanjut , manusia dan makhluk-makhluk lain dianugrahi kapasitas untuk mengembangkan kapasitas mentalnya dengan cara memanfaatkannya . jika tidak digunakan dan dibiarkan pasif , maka pertumbuhan otak dapat menjadi tumpul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar