Rabu, 27 September 2017

NurulAmaliaSyahrullahYulianto

Nama                           : NurulAmaliaSyahrullahYulianto
NIM                            : 16410165

MemoriJangkaPendekdanMemoriJangkaPanjang
            Ketikaseseoramgmendapatkansuatuinformasibaru, informasibarutersebutakandisimpandalammemorinya. Nah, memorimanusiaitusendiriterbagimenjadidua, yaitumemorijangkapendekdanmemorijangkapanjang.Suatuinformasi yang tersimpandalammemorijangkapendekakanmudahhilang, sedangkanpersentasekehilanganinformasidalammemorijangkapanjanglebihkecil.
            Memorijangkapendekbersifatsementara.Artinya, informasi yang tersimpandalammemorijangkapendek (STM) akanmudahhilangataulupa. Teori yang menyebabkanterjadinyakelupaanpada STM terbagimenjadidua.Yang pertama, teoriaus, yaitukelupaan yang disebabkansuatuinformasitidakdiingat-ingatsecaraterus-menerus. Yang kedua, yaituteoriinterferensi yang menyatakanbahwakelupaanakansuatuinformasiterjadiapabilasubjekmelakukanhal lain ketikasedangmemasukkaninformasibarukedalammemorinyaatauadanyagangguan. Beberapapenelitiansepertipenelitian Waugh dan Norman menyatakanbahwainterferensi yang seringmengakibatkankelupaan.
            Seperti yang telahditulis di paragraph sebelumnya, informasidalam STM hanyatersimpansementara, yaitu 20-30 detikjikatidakdiulang-ulang.Jikasuatuinformasibarutersebutdiulang-ulang, makaakanterjadipenguatanmemoriterhadapinformasibarutersebut yang kemudianakantersimpan di memorijangkapanjangatau long term memory (LTM). Informasi yang telahtersimpan di LTM akanmenjadimemori yang permanenataukemungkinanterjadikelupaanakaninformasitersebutsangatkecil. Beberapapsikologbahkanmengatakanbahwainformasi yang tersimpan di LTM tidakakanpernahhilang.
            Untukmemasukkaninformasikedalam LTM, adabeberapatrik yang bisadilakukan, antara lain pengulangan, pengodean, danmembuatgambaran.Trikpengulangan, seperti yang telahditulis di atas, bahwauntukmemasukkaninformasike LTM perludilakukanpengulangan.Misalnya, ketikaseorangmahasiswapsikologi yang seringbelajarmengenaiteoripsikologikpgnitif, ketikaujianpsikologikognitifakanmudahmengerjakandaripadamahasiswa yang tidakpernahbelajar. Hal inidikarenakanmahasiswatersebutmengalamikemudahanketikamemanggilinformasi yang dibutuhkankarenasudahterjadipenguatanmemoriterhadapmaterikuliah yang diujikan.Yang kedua, pengodean, yaitumenggantiobjeksuatuinformasidengansesuatu yang unikdanmudahdiingat.Misalnya, ketikaseorangsantriberusahamenghafalkantentanghuruf-hurufqalqalah, santritersebutmenggantihuruf-hurufqalqalahmenjadibajuditoko agar informasimengenaihuruf-hurufqalqalahtersebutmudahdiingat. Yang ketigayaitumembuatgambaran, yaitumembuatgambaran yang akanmudahdiingatuntukmenggantiinformasi yang bersifat verbal.
Memorijangkapanjangmeliputimemoriepisodikdanmemorisemantik.Memoriepisodikyaitumemoriseseorangmengenaikejadianataupengalamanhidupnya.Misalnya, seseorangmengingatbahwadialulussekolahpadatahun 2016. Sedangkanmemorisemantikyaitumemoriseseorangmengenaipengetahuan.Misalnya, seseorangmengetahuibahwa Indonesia merupakansalahsatunegara Asia Tenggara.
            Selainmemoriepisodikdanmemorisemantik, terdapatjugamemoriprosedural.Memoriproseduraltidakakanmudahhilangmeskipunseseorangmengalami amnesia. Hal inidikarenakanmemoriproseduralberkaitandengantindakan-tindakan, keterampilan, dan proses.Misalnyasaja, seorangpelukis yang amnesia mungkinsajalupaalamatrumahnya, namundiamasihbisamelukissepertisebelummengalami amnesia.
            Ada beberapacarauntukmengeteskualitasmemoriseseorang, di antaranyayaitutesmemorilangsungdantesmemoritidaklangsung. Tesmemorilangsungmemintaklienuntukmengingatkejadianmasalalu, sedangkantesmemoritidaklangsungtidakmelibatkankejadianmasalalu.Tesmemorilangsungmengukurmemori episodik, sedangkantesmemoritidaklangsungmemukurmemorisemantikseseorang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar