Rabu, 27 September 2017

GarinPrakoso

Memory JangkaPanjangdanMemory JangkaPendek
OlehGarinPrakoso (13410107)

STM memilikifungsiutamasebagaitempatpenyimpanansementarasedangkan LTM memilikifungsiuntukmemahami masa laludanmenggunakaninformasitersebutuntukmengolah masa kini. Karakteristikutama yang paling menonjoldari LTM adalahkeberanekaragamannya, penyandiannya, abstraksiinformasi, struktur, kapasitas, danpermanensinya. Kapasitas LTM tampaknyatidkterbatasdandurasinyaseolahtanpaakhir. Lokasimemoridisimpanadalahdiseluruhbaginotak. Beberapa area otaksepertihipokampus, korteks, dan thalamus memilikifungsipentingdalampembentukanmemori. Dalam era sepertisekaranginisaatkapasitaskomuterhampir-hampirtanpabatas, kapasitasotakmanusiauntukmenyimpaninformasi yang mendetaildalamjangkawaktu lama tetaplahtidaktertandingi. Chase dan Ericson menggunakantigaprinsipdalammenjelaskankinerjamemoriyaituprinsippenyandian mnemonic, prinsipstrukturpengambilaninformasi, danprinsippercepatan. Selainitulatihan juga mampumengembangkanketrampilandankepakaran.
Dalamsebuahpenelitiantentang VLTM (very long term memory) didapatbahwatingkatrekognisiterhadapwajahrekankelasdidapatisangattinggisekitar 90% daripadarekognisinama.penurunantajamdalamrekognisidanpengingatansetelah 35 tahunmungkinmengindikasikansejumlah proses degeneratifdalammemorisebagaiakibatbertambahnyausiapartisipan. Rekognisimemoriterhadapperistiwa-peristiwayangterjadijauhpada masa laludipengaruhiolehtingkatpenyandianawal. Menghilangnyasejumlahpengetahuanterutamaterkaitpemahamanbacaanterjadisetelahrentangwaktu25  tahun. secaraumumkemampuanberbahasaSpanyol yang dipelajarisemasa SMA tersebutmasiheksissetelah 50 tahun. memori yang permanensemacamitudisebutBahricsebagaipermastoredandiasumsikanbahwamemoritentangbahasaSpayoldapateksisuntukjangkawaktu yang sangat lama. Para penelitimengujisampel yang terdididarimantanmahasiswa yang telahmenyelesaikanmatakuliahpsikologikognitifsejak 12 tahun yang lalu. Diketahuibahwaretensinamamenunjukkanpenururnan yang sedikitlebihcepatdibandingkanpengingatandanrekognisikonsep. Memorisehari-harimenjadimemudarseiringberlalunyawaktu. Linton mengamatiadaduajeniskelupaanyaitukelupaan yang berkaitandenganperistiwa-peristiwa yang terjadisecarberulang-ulangdankelupaanterkaitdengankejadian-kejadian yang memangdilupakansecaraalamiah.
Penyimpanan LTM terjadiapabiladiulang-ulang di STM dalamjangkawaktu yang cukup lama. Transformasiinformasiterjadiketkastruktur STM diotakmemilikisirkuit yang berisikanaktivitas-aktivitas neural yang bergemadanmemiliki neuron-neuron yang mamoubergerakdalamputaransecaramandiri. Mana kala sirkuittersebuttetapaktifselamaperiodetertentuterjadilahperubahankimiawidanatau/ perubahanstrukturaldanmemoriakandisimpansecarapermanendalam LTM. Dalam LTM informasidisandikansecaraakustik, secara visual, dansecarasemantik. Otakdapatmenggunakanmetodeheuristik, diawalidengananalisissensorikdangkaldandilanjutkanolehanalisis-analisis yang semakindalam, semakirumit, semakitabstrak, dansemakinbersifatsemantik. Level pemrosesanlebihmenyerupaipemrosesan yang tersebar yang memproses stimuli yang sangat familiar danpenuhmaknasecaralebihmendalamdibandingng stimuli yang kurangbermakna. Craik dan Lockhart menyatakanbahwajejak-jejakmemoridibentuksebagaiproduksamingandaripemrosesanperseptual. Dayatahanmemoridikonseptualisasikansebagaisuatufungsidarikedalamanpemrosesan.
Konsep level pemrosesanmengalamikemajuanketika Roger, Kuiper, dan Kirker menemukanbahwarefrensidirimerupakansebuahfaktor yang kuat. Tugasstrukturalmerepresentasikanpenyandian yang paling dangkalsedangkantugasrefrensidirimerepresentasikanpenyandian yang paling dalam. Sejumlah orang berpendapatbahwatugas-tugasrefresidiridisimpandalamsuatusistemmemorikhusus. Skemadiriadalahsuatusistemterorganisasi yang terdiridariatribut-atributinternal yang terpusatpadatopik “Aku, diriki, milikku”. Tulving menelitiadanyaaktivitas-aktivitas neural namunberusahamendeskripsikanmemoriberdasarkananalisis unit pemrosesan yang lebihhalus yang menyerupai neuron. Model koneksionisadalahmemoritersebutdapatmenjelaskanpembelajarankompleks yang merupakanjenisoperasimmemori yang kitajumpaidalamkehidupansehari-hari.
Bartleltmenganalsisbagaimanamemoridirekonstruksiyaitudenganpenghilanganinformasi, rasionalisasi, tema yang dominan, tansformasiinformasi, transformasiurutan, dansikappartisipan. Jenis-jenismemoriberdasarkanfungsiadaptifnyayaitukemampuanspasial, karakteristi-karakteristifisik dunia sekelilingkita, hubungansosial, nilai-nilaisosial, keterampilan-keterampilanmemorik, danketerampilan-keterampilanperseptual. Memorieksplisitterutamamengandalkanpengambilanpengakan-pengalamansadardanmenggunakanisyaratberuparekognisidantugas-tugas recall. Memoriimplisitsebaliknyadiekspresikandalambentukmempermudahkinerjadantidakemerlukanrekokesisadar.

            LTM memilikifungsikendaliyaknitempatinformasi yang relevandanbermaknamendapatkanperhatiankhusus. Memoriotobiografisadalahmemori yang dimilikiseorangindividumengenai masa lalunya. Pengetahuandeklaratifbersifateksplisitdanmelibatkanfakta-faktadanperistiwa-peristiwa, sementarapengetahuanproseduralbersifatimplisitdandiaksesmelalukinerja. Priming adalahsebuahtes yang didalamnyapartisipanmendapatknsebuahisyarat yang berhubungandangansasaran. Memoriepisodikadalahsuatusistemmemorineurokognitif yang memungkinkanseseorangmengingatperitiwa-peristiwapada masa lalunya. Memorisemantikadalahmemorimengenai kata, konsep, peraturan, dan ide-ide abstrakmemoriinipentingbagipenggunanbahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar