Rabu, 27 September 2017

Dina Rahmawati

NAMA             : Dina Rahmawati
NIM                : 16410089
KELAS            : PsikologiKognitif “D”
MEMORI MANUSIA, RAGAM, DAN KAPASITAS
        Saatkitaberpikirtentangmemori, kitaseringmembayangkansuatutempatpenyimpananluas yang berisiinformasidanpengetahuan. memorimerupakansebuahelemenpokokdalamsebagianbesar proses kognitif.
MODEL-MODEL MEMORI GANDA
            Model bergandainiberkembangpadaakhirtahunakhirtahun 1800-an. PadasaatituJames membagimemoriadaduajenisyaitumemorilangsungataudisebutmemori primer (primary memory)danmemoritidaklangsungataudisebut (secondary memory). James berpendapatbahwamemori primer itudisebut juga denganmemorijangkapendek (STM) yaitutidakpernahmeninggalkankesadarandanmenyediakantayanganperistiwa yang pernahdialami.  Sedangkamemorisekunderdisebutmemorijangkapanjang (LTM)yaitujalur-jalur yang terpahatdalamjaringanotakmanusiadansetiapmanusiameilikistrukturjalur yang berbeda. Memorimemilikisifat dualistic yakniTransitorisdanpermanen.
MEMORI JANGKA PENDEK
        Memori STM inimemilikikapasitas yang jauhlebihkecildibandingkan LTM. STM sangatberperanpentingdalampemrosesanmemori. STM mempunyaikapasitaskarakteristik lain yang penyimpanannyaterbatasdiimbangiolehkapasitaspemrosesan yang juga terbatasdanterdapat pula pertukarankonstanantarakapasitaspenyimpanandankemampuanpemrosesan.
            Dalam STM diperlukanadanyadukunganneurosainskognitif yang mana halinidigunakanpenelitianterhadap para pasien yang mengalamipadalobus temporal di hipokamus yang menunjukkanbahwastruktur-strukturtersebutberperandalampenyimpananmemorijangkapanjang. Konsep STM memilikilandasanfisiologis yang ditegaskanolehstudi-studineurologisterhadappasien yang mengalamikerusakanpadaotak.
            Model memorikerjadidefinisikansecarakonseptualsebagaisuatutipemejakerja yang secarakonstanmengubah, mengkombinasikandanmemperbaruiinformasi yang barudan lama. Model memorikerjamenyanggahpandanganbahwa STM hanyasepertikotak yang ada di kepaladansemacam unit pemrosesaninformasi yang dikirimke LTM.  Konsepini juga menyanggahgagasanbahwakapasitas STM terbatashanyapadatujuh item. Miller menyusunhipotesisbahwakapasitaskitauntukmemprosesinformasimemilikibatassekitartujuh unit.
            STM danChungkingserangkaian kata yang tentusajamengandunginformasi yang lebihbesardibandingkanserangkaianhuruf. meningkatnyakapasitaspenyimpanan STM dicapaimelalui proses chungkingyaitumenubahhuruf-hurufmenjadi unit-unit kata yang bermakna. Proses Chungkingmerupakansuatu proses yang pentingkarenamenjelaskanfeomena STM yang mampumemprosessejumlahbesarinformasitanpamenyebabkankemacetanselamaberlangsungnyapemrosesaninformasi.
            LTM danChungkingkemampuan  STMmenanganiinformasidalamjumlahbesardiperlancarolehkemampuankitamelakukanchungkingyaitumengubahinformasimenjadi unit-unit yang bermakna. prosedurChungking dalammemorijangkapendekmemerlukanadanyapengaksesaninformasidarimemorijangkapanjang.
            penyandianinformasidalam STM dapatberupainformasiauditorik, visual, atau semantic, tergantungjenistugas yang dialamiseseorang. Sandi auditorikSTMtampaknyaberoperasimenggunakansandiauditorik. Sandi yang paling dominandalam STM.  Sandi visual menyandikaninformasidenganmenggunakansandi visual. penelitimenyajikanhuruf-hurufberpasangandalamtiga mode.Sandi semantic berhubungandenganmakna. Buktimengindikasikanbahwapenyandian visual terjadisebelumpenyandianakusitikdan semantic.
            Pengambilaninformasidalam STM yang berkecepatantinggitampaknyabekerjasecaramenyeluruhalih-alihbekerjasecara self-terminating (berhentibekerjaapabilatelahmenemukaninformasi yang diperlukan).Memoritampaknyadisimpansecara local dansecara general.


TEORI-TEORI MEMORI dan MEMORI JANGKA PANJANG
LOKALISASI Dan DISTRIBUSI LTM
            Lokasitempatmemoridisimpanadalah di seluruhotak, meskipun juga terpusat di bagian-bagiantertentu. sebagaicontoh, studi-studi PET menunjukkanpada area frontal di otakterlibatdalampemrosesanmendalamterhadapinformasi. studitersebutmengindikasikanjenis-jeniskinerjamemoribersifatspesifik. Meskipundemikian, dalampemrosesanspesifiktersebut, bagian-bagian lain di otaktetapterlibat, meskipunhanyadalamtingkat yang rendah. Prinsipspesialisasidandistribusifungsitersebutdidapatipadajenisjeniskinerjamemoridansistempenyimpanan yang lain.
KAPASITAS LTM
            Kapasitasuntukotakmanusiamenyimpaninformasi yang mendetaildalamjangkawaktu yang lama tetaplahtidakbisatertandingi. Ingatbahwaotakmanusiaadalahsuatustruktur yang sedemikiankecilnya. Para pakarmenggunakan LTM dengantigaprinsipyaituprinsippenyandian mnemonic, prinsipstrukturpengambilaninformasi, prinsippercepatan.
DURASI LTM
        Permastore Very Long Term MemorySejumlah data penelitianmendukungadanyamemorijangkasangatpanjangatau very long term memory (VLTM). Sebuahstudipenting yang menyelidikidurasi LTM dilakukanolehBahrick, BahrickdanWittlinger (1975). Menarikdicatatbahwatingkatrekognisiterhadapwajahrekansekelasdidapatisangattinggi (sekitar 90% setelahrentangwaktu 34 tahun), sedangkanrekognisinamadanpencocokannamaberkurangsetela 15 tahun.
            VLTM dalam Bahasa Spanyol – BuktiAdanyaPermastore?Dalamstudi lain olehBahrick (1984; Bahrick& Phelps, 1987), para penelitimengujimemoritentangbahasaSpanyol yang dipelajarilimapuluhtahunsebelumnya. Memori yang “permanen” semacamitudisebutBahricksebagaipermastore, dandiasumsikanbahwamemoritentangbahasSpanyol (danbahasa - bahasaasing lain) dapateksisuntukjangkawaktu yang sangat lama.
        VLTM danPsikologiKognitifMemoritentangGambarSebuahdemonstrasi yang menakjubkantentangkemampuanmanusiamengenaligambarsetelahjedawaktu yang sangat lama, ditunjukkanoleh Shepard (1967). Beliaumemilih 612 gambarberdasarkansejumlahbesargambar yang mudahdiingat (sepertigambar - gambariklan di majalah).
Memoriotobiografis
            Memori yang dimilikiseseorangmenmgenai masa lalunya.Fokusmemoriiniadalahseseorang- anda, atausiapasaja. Andaadalahpakarmengenaimemoriotobiografisandasendirikarenatidakadaoraglan yang bisamengetahuihidupandakecualiandasendiri. memoridapatmemberitahukitaberbagaihalmengenakepribadiandankonsepdirioran yang bersangkutan. LTM kitatidakmerekaminformasisecara liar, namunselektif. Isi memoriiniberisimemori-memori yang pentingatauaneh.
PENYIMPANAN LTM
            Transformasidari STM ke LTM tersebutterjadikarenastruktur STM di otakmemilikisirkuit yang berisikan neuron-neuron yang bergema (reverberating), yang memiliki neuron-neuron yang mampubergerakdalamputaran (loop) secaramandiri.Manakalasirkuittersebuttetapaktifselamasuatuperiodetertentu,  terjadilahperubahankimiawidan/atauperubahan structural, danmemoriakandisimpansecarapermanendalam LTM.
            Sandi dalamLTM ,informasidisandikansecaraakustik, visual, dansistematik. Hakikatketigajenissandidalam LTM dapatdiilutrasikandenganmudah. Adapun level pemrosesanotakdapatmenggunakanmetode heuristic yaitumetode yang menuntunkepadapenemuansesuatu, ataupenyelidikanterhadapsesuatu, sehinggamenyebabkanperumusanpikiran-pikiranataukesimpulanbaru. Otakmenggunakanisyaratuntukmenentukankebermaknaaninformasisebelumakhirnyamemutuskanbagaimanainformasitersebutdiproses.
            Level pemrosesan versus pemrosesaninformasiyaitu model-model memori yang menggunakankonseppemrosesaninformasipadaumumnyamenekankankomponen-komponen structural (STM,LTM,Sensorik) denganpemrosesan (atensi, transformasiinformasi, penyandian, dll) sebagaijenis-jeniskinerja yang berhubunganeratdengankomponenstrukural.
             Model memoridenganpemrosesaninformasimenekankankeberadaanserangkaiantahapan yang didalamnyainformasidipindahdandiproses. Informasi yang tidakmendapatkanatensipenuhakansegeradilupakan, sedangkaninformasi yang diprosessecaramendalam yang diberikanpengertiankhusus, dianalisissecaramenyeluruh, dandiperkayadenganasosiasiataucitra-citrabertahan lama dalamingatan.
JENIS-JENIS MEMORI
            LTM sebagaisuatutempatpenyimpanan(repository) segalahaldalammemoriyang saatitutidaksedangdigunakannamunmemlikimakna yang pentingdandapatdiambilkembali.Berdasarkanfungsiadaptifnya:
1.     KemampuanSpasial :Informasimengenasilokasikita di duniadanobjek-objek yang penting.
2.    Karakteristik-KarakteristikFisikDuniaSekelilingKita :informasi yang memungkinkankitaberinteraksisecaraaman.
3.    HubunganSosial :pentinguntukmengetahuisiapakawankita, kerabatkita, dansiapa orang yang dapatkitapercayai.
4.    Nilai-NilaiSosial :Pengetahuanmengenaiapa yang dianggappentingolehkelompokkita.
5.    Keterampilan-Keterampilanmotorik :pemanipulasianobjek.
6.    Keterampilan-Keterampilanperseptual :memahami stimuli dalamlingkungankita.
Jenis-JenisMemoriJangkaPanjang
1.     MemoriEksplisit:Mengandalkanpengambilanpengalaman-pengalamansadardanmenggunakanisyaratberuparekognisidantugas-tugas recall. Memoriinidibagiduayaitumemoriepisodikdanmemorisemantik.

2.    MemoriImplisit :Mempermudahkinerjadantidakmemerlukanrekoleksi yang sadar. Memoriinidibagimenjadimemoriprosedurdanmemoriemosional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar