Rabu, 27 September 2017

Ana maulidiahNurIllahi

Nama : Ana maulidiahNurIllahi
Nim    : 16410115
MEMORI
“ Memoriadalahlemarikacatempatkhayalandisimpan, petihartatempatlogikadijaga, pintudepantempatkendaraanmasuk, dansekaligussebuahdewanpenasehatbagipikiran-pikirankita”. Itulahpaparanpendapat yang dikemukakanoleh St. Basile, daripendapat di atasdapatdiketahuibahwamemeoriadalahtempatpenyimpananhal-hal yang pernahdialamiolehkitasemua, memeoribertugassebagaipenyimpansekaliguspenyimpan data-data yang masuk di dalammnya, baikitu yang bersifatmasihbaruataupun yang sudah lama beradadidalammemorikita.
Model – Model  MemoriGanda
Memoriganda (dualistic medel of memory ), sayamengambildariteori yang dikemukakanolehjames, jamesberpendapatbahwamemeorigandayaknimemorilangsungdanmemoritidaklangsung yang disebutnyadenganmemori primer danmemorisekunder, jamesmenyusunteorinyaberdasarkaninteropeksi, daniamenganggapbahwamemorisekundersebagaisuatutempatpenyimpananinformasi yang “ gelap “ yang menyimpaninformasi –informasiataupengalaman yang pernahdialaminamuntidakdapatdiakseslagi.
Memori primer ataumemorijangkapendek (short term memory/STM) danMemorisekunder (long term  memory/LTM), Didefinisikansebagaijalur-jalur yang terpahatdalamjaringanotakmanusia , dansetiapmanusiamemilikistrukturjalur yang berbeda, karenasetiapmanusiamemilikiperbedaanpolapikir, lingkungantempattinggal, danmakanan yang dimakan, tanpakitasadaribeberpahaldiatasmemberipengaruh yang cukupbesarbagikinerjaotakdantentunyamemorikita, jugabergantungdenganbagaimanacaramenusiaitusendirimenggunakanotaknyadenganbaikatausebaliknya.
Suatuefek “ awaldanakhir” dalam item-item sejajar yang diasosiasikan ( Paired associates ) yang ditemukanoleh Mary Calkins, seorangmurid William james, ketikaseseorangmempelajarisebuahrangkaian item yang kemudianmencobamengingat item-item tersebuttanpaharusmenyebutkannyasecaraurutdaridepankebelakang, efekawaldanakhirmuncul , item-item yang berada di awalrangkaian (Primacy) dan yang beradadiakhirrangkaian (recency) adalah yang paling diingat, efekinikonsistendengankonsepmemoriganda.
Kita dapatmelacakkapasitaspenyimpanan ( storage capacity ) STM denganmengenalibatassaatkurva yang menendaitimbulnyaefekakhirmulaimuncul, jumlah item dalamrentangefekakhirjarangmelampauidelapan item, sehinggamemunculkanhipotesisbahwasistem STM memilikikapasitasterbatasdansekaligusmenjadidukunganbagi model memoriganda.
MemoriJangkaPendek
Apayagkitapikirkantentangmemoritentulahmerujukpadasebuahtempatpenyimpanan yang sangatbesar , luasdandidalmyapenuhdengankaset-kasetpenyimpanandandidalamyaberisiinformasidanoengetahuan, jenismemori yang sepertiiniumumnyadisebutmemorijangkapanjang (LTM/ long term memory), danmerupakansuatuaspekdarimemorikita , meskipun STM memiliki yang jauhlebihkecildibandingkandengan LTM, namun LTM memilikiperananpentingdalampemrosesanmemori, suatukarakteristik lain pada STM adalahkapasitaspenyimpanannya yang terbatas .
Dan jugadiimbangidengankapasitaspemrosesan Yang jug terbatas ,danbukanhanyaitu , terdapat pula pertukaran (tradeoff) konstanantarakapasitaspenyimpanandankemampuanpemrosesan. Sejumlahfitur-fituristimewadalam STM danbagaimanfitur-fiturtersebutselarasdenganpemahamankitatentangpemrosesandanteori-teorimemori, berdasarkanhasilpenelitianSuami-istri Peterson danjugapenelitain – penelitian yang lainnya, sejumlahgagasan yang mendukungkeberadaanduapenyimpananmemoridapatdirangkumsebagaiberikut :
1.    Pengamatansehari-harimenunjukkanbahwasejumlahhaldiingatselamsesaatsedangkanhal-hal yang lainnyadiingatdalamjangkawaktu yang lama.
2.    Eksperimen – eksperimenpsikologismenunjukkanbahwapengambilansejumlahinformasidalammemoriadalahkarakteristikkinerjamemorijangkapendek, sedangkanoengambilansejumlahinformasi yang lain adlahkarakteristikkinerjamemorijangkapanjang, misalnyaterkaitdengan data awaldanakhir.
3.    Studi-studifisiologismenunjukkanbahwakinerjamemorijangkapendekdapatmengalamihambatan, sedangkankinerjamemorijangkapanjangtampaktetapstabil.
MemoriJangkaPanjang
Fungsidari LTM adalahkemampuankitauntukmemahamimasalaludanmenggunakaninformasitersebutuntukmengolahmasakini , Karakteristikutama  yang paling menonjoldari LTM adalahkeanekaragamannya, penyandiannya, abstraksiinformasi, struktur, kapasitas, danpermanensinya. Kapasitas LTM tampaknyatidakterbatasdandurasinyaseolahtanpaakhir.Untukmemahamifenomenatersebutkitaharusmempertimbangkanaspek-aspekneurologis LTM kapastasdandurasinya, carainformasinyadisimpan, danjenis-jenismemori.
Cara  pakarmenggunakan LTM
1.    Prinsippenyandian mnemonic atau mnemonic encoding principle (terkaitdenganperorganisasian) menyatakanbahwapakrmenyandiakninformasiberdasarkan basis pengetahuan yang luas, yagdimilikiparapakartersebut, parapakartesebutmenggunakanpengetahuanyang dimilikinyauntukmelakukan Chunking terhadapinformasi –informasibaru
2.    Prinsipstrukturpengambilaninformasiatau retrieval structure principle (terkaitdenganakses) menyatakanbahwaparapakarmenggunkanpengetahuanmerekatentangsuatusubjek ( sepertimengetik, bermincatur, bermain basket, memilihbarang) untukmemngembangkanmekanisme yang sangatterspesialisasidanabstrak, yang secarasistematikmenyandikandanmengambilpola-pola yang bermaknadari LTM, kemampuaninimemungkingkanparapakaruntukmengantisipasiinformasi yang diperlukanuntukmengerjakansuatutugas yang familiar danuntukmenyimpaninformasibarutersebutdalamsuatu format yang memudahkanpengambilaninformasitersebut.
3.    Prinsippercepatanatau speed up principle(terkaitdengankecepatan) menyatakanbahwalatihanakanmeningkatkankecepatanparapakardalammengenalidanmenyandiaknpola-pola, selainituparapakarjugamampumengambilinformasidari LTM secaralebihcepatdibandingkanparaamatir, jikapenyimpanandanpengambilaninformasidari LTM dapatdipermudahmelaluilatihanterus-menerus, akibatnyakemampuanpemrosesaninformasiseolahtidakterbatas.
Jenis –jenisinformasi yang disimpandalamLTM
Berdasarkankemungkinanfungsiadaptifnya, disusunoleh Bower, 1975 adalahsebagaiberikut :
1.    KemampuanSpasial ,Informasimengenailokasikita di duniadanobjek-objek yang penting, pengetahuaninimemungkingkankitamelakukanpergerakanatau maneuver efektif di lingkungankita.
2.    Karakteristik – karakteristikfisikduniasekelilingkita ,informasiinimemungkingkankitaberinteraksisecaraamandenganobjek-objek yang kitajumpai.
3.    Hubungansosialpentinguntukmengetahuisiapakawankita, siapakerabatkita, dansiapa orang yang dapatkitapercayai ,mengenalisiapamusuhkitabahkanlebihpentinglagi.
4.    Nilai-nilaisosial, pengetahuanmengenaiapa yang dianggappentingolehkelompokkita.
5.    Keterampilan-keterampilan motoric, penggunaanalat, pemanipulasianobjek.

6.    Keterampilan-keterampilanperseptual, memungkingkankitamemahami stimuli dalamlingkungankita, mulaidaribahasahinggamusik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar