Rabu, 11 Oktober 2017

Esa Laili Sindiana

Nama : Esa Laili Sindiana
Nim : 16410097
Kelupaan dan Mengingat
Teori-teori kelupaan
          Hal pertama yang perlu diketahui dalam situasi kelupaan adalah jawaban atas pertanyaan ini apakah suatu informasi sungguh-sungguh memasuki otak kita ? apakah system sensorik kita tidak bekerja saat informasi kita terima, ( misalnya,kita sedang menggunakan handphone dan tidak bisa mendengarkan suara lain )? apakah energy atensi kita tidak diarahkan ke stimulus yang relevan dalam lingkungan(misalnya,kita sedang melihat ke arah lain ketika seseorang pencopetmerogoh dompet rekan kita dan tidak bisa melihat pencopet tersebut)? Jika informasi tidak memasuki otak kita melalui reseptor-reseptor sensorik akibat pengaruh system atensi, akibatnya tidak ada informasi yang dapat diingat. Hal ini disebut dengan kegagalan penyandian dan mengacu pada kegagalan memasukkan materi ke dalam LTM. Meskipun demikian, terkadang kita tidak menyadari bahwa informasi yang kita pelajari tidsak sungguh-sungguh memasuki memori kita.
          Kegagalan konsolidasi adalah hilangnya memori akibat gangguan organik yang terjadi saat pembentukan jejak memori yang berakibat pada terbentuknya memori-memori yang tidak sempurna, bagi individu yang bersangkutan dirasakan sebagai kelupaan. Dalam kegagalan konsolidasi, STM bekerja dengan normal namun gangguan terjadi pada proses perpindahan informasi dari STM ke LTM.
          Amnesia adalah sejenis kelupaan yang terjadi akibat adanya problem di otak. Amnesia dapat disebabkan oleh penyakit Alzheimer dan sindrom Korsakoff, dan dapat pula diakibatkan oleh cedera traumatic di otak. Penyakit Alzheimer menyebabkan problem memori dan sebuah penelitihan modern mengidentifikasi bahwa  Alzheimer kemungkinan disebabkan oleh molekul-molekul protein yang melekat secara berlebihan di glumatete. Yang menghambat fungsi glumatete sebagai pengaktif proses-proses memori di otak. Sindrom korsakoff menyebabkan problem memori sebagai akibat dari defisiensi serius vitamin B. seorang individu dengan riwayat alkoholisme yang ekstrem dan panjang sering kali tidak mengkonsumsi cukup makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitaminnya. Akibatnya terjadilah kerusakan di otak karena sel-sel tidak dapat memproses glukosa tanpa vitamin B.
          Konfabulasi yakni membentuk sendiri detail-detail yang hilang dari memori mereka. Amnesia retrogede adalah hilangnya memori mengenai peristiwa-peristiwa sebelum terjadinya cidera otak. Beberapa orang mengalami kehilangan memori tentang bulan-bulan atau tahun-tahun masa lalu sebagai akibat dari gradient tempora, hilangnya memori terjadi paling parah pada memori mengenai peristiwa yang terjadi sesaat sebelum cedera dan menurun secara bertahap seiring mundurnya waktu. Dengan demikian memori yang paling lama justru sering kali masih utuh. Amnesia anterograde adalah lenyapnya memori mengenai peristiwa yang terjadi setelah cedera dan tidak bisa membentuk memori baru.
          Decay adalah memudarnya memori seiring berlalunya waktu atau akibat jarang digunakannya memori tersebut. Dapat terjadi di STM dan LTM yakni saat memori yang diakses memudar secara alamiah. Interferensi retroaktif terjadi ketika memori baru menghambat pengambilan memori lama. Sedangkan interferensi proaktif terajadi saat memori lama menghambat memori baru.
Kegagalan pengambilan adalah ketidak mampuan untuk menemukan isyarat memori bagi pengambilan memori tersebut. Kondisi ini bersifat temporer namun dalam kasus tertentu dapat bersifat jangka panjang.
Kelupaan yang disengaja adalah resepsi yang disadari oleh memori, atau perasaan yang mengancam keluar dari kesadaran. Memori yang ditekankan adalah memori yang disingkirkan seseorang dari kesadaranya, terutam,a menyangkut memori yang menyakitkan.seperti pelecehan seksual semasa anak-anak. Memori tersebut dapat dibawah ke kesadaran psikoterapi. 
Kekeliruan Memori
Memori palsu Roediger dan McDermott mendemonstrasikan secara eksperimental bahwa mereka dapat dengan mudah menimbulkan memori-memori palsu pada para partisipan peneliti mereka. Meskipun sejumlah memori dapat direprisi selama kanak-kanak yang traumatic adalah memori yang nyata. Loftus dan sejumlah peneliti yang lain menyanggah bahwa sejumlah memori yang diambil kembali tersebut sesungguhnya adalah memori yang palsu, dan cerota mengenai peristiwa traumatic tersebut. Memori palsu tersebut dapat dibentuk memlalui pertanyaan manipulasi, hypnosis, pencitraan yang diarahkan dan dorongan dan terapi yang menyarankan partisipan untuk bergabung dalam terapi kelompok bersama korban lain yang juga menyatakan pernah mengalami pelecehan sosial masa anak-anak dan membuat konstrumen partisipan semakin menjadi jadi.
Mengingat
          Sebagian besar kemampuan mengingat dan melupakan dikendalikan oleh proses-proses neural yang mengatur seluruh proses tersebut tanpa upaya sadar. Terkadang kita harus berada di situasi saat kita harus menghafalkan hal-hal tertentu agar kita tidak melupakan hal-hal tersebut dengan demikian mematikan tendensi alamiah kita untuk membiarkan informasi memudar seiring berlalunya waktu, artinya situasi tertentu kita mengambil ahli proses-proses memori kita. Meskipun demikian tanpa kemampuan membaca dan menulis manusia tetap mampu mengingat banyak hal. Dalam subbab berikut kita akan merangkum sejumlah system mnemonic yang menbantu orang-orang mengingat hal-hal yang penting sekaligus mampu memberikan pemahaman bagi kita mengenai cara kerja system memori kita.
Faktor-kaktor yang meningkatkan kerja memori
          Maintemance rehearsal akan menjaga informasi tetap di STM.  Dan elaborative rehearsal mendorong informasi STM ke LTM. Seperti yang kita tahu proses dari penyandian dapat menyebabkan meningkatkan potensi pengambilan memori dari LTM dengan menyediakan isyarat yang dapat menyediakan akses bahwa orang-orang mempelajari tugas-tugas yang memperlukan memori deklaratif atau tugas-tugas yang memperlukan memori procedural menunjukan peningkatan kerja memori dalam tugas-tugas tersebut apabila para partisipan yang bersangkutan diizinkan tidur selama interval retensi.
Teknik-teknik Mnemonik
          Mnemonik adalah sesuatu teknik yang meningkatkan penyimpanan dan pengambilan informasi dalam memori. Memori dianggap sebagai ketrampilan tertua dan yang paling dikagumi, memori dianggap sebagai induk dari segala keterampilan lain. Diyakini bahwa jika kita tidak memiliki memori, kita tidak akan pernah memiliki ilmu pengetahuan, kesenian maupun logika.
          Metode loci adalah metode yang mengasosiasikan objek-objek tertentu dengan tempat-tempat tertentu. Dengan secara mental mengunjungi lokasi tersebut, individu yang bersangkutan dapat mengingat item yang diperlukan. Lokasi tersebut dapat berupahkamar, jalan yang sering di lalui, atau bahkan sebuah rumah.
          System kata bergantung adalah semakin aneh dan tidak masuk akal citra yang anda bayangkan, semakin mudah item tersebut anda ingat.
          Metode kata kunci adalah yang berguna dalam upaya mempelajari kosakata bahasa asing. Dengan mengasosiasikan sebuah kata bahasa Inggris yang menyerupai arbol, suku kata “bol” dalam arbol bunyinya menyerubai “bowl”. Para peneliti juga mengungkapkan secara umum tindakan menyediakan kata kunci akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada membiarkan partisipan membentuk kata-kata kunci sendiri.
Teknik-teknik Verbal
          Terdapat sejumlah teknik tambahan yang dapat digunakan berdasarkan huruf pertama dalam sebuah frase atau kumpulan kata LAN, suatu istilah yang lazim ada masa kini, adalah akronim daro Local Area Network. Akronim berfungsi sebagai suatu isyarat atau pemicu bagi kata-kata danakronim tersebut menyediakan kata-kata yang akan anda hafalkan.
Akrosik yakni sebuah frase atau kalimat yang di dalamnya huruf-huruf pertama diasisiasikan dengan kata-kata yang diingat.
          Mengingat nama, kemampuan mengingat nama berdasarkan wajah adalah kemampuan yang penting, sedemikian penting sehingga sejumlah politisi bahkan menyewa orang-orang khusus untuk membantu mereka mengingat orang-orang yang mereka ketahui. Ada tahapan-tahapanya sebagai berikur
Tahap pertama, mengingat nama itu sendiri, dapat dilakukan dengan memperhatikan detail pelafalan nama tersebut, dan kemudian membentuk suatu nama atau fase pengganti dari nama tersebut.
Tahap kedua, melibatkan pencarian karakteristik yang menonjol di wajah seseoarng seperti dahi yang lebar, kumis yang khas, kacamata yang unik dll
Tahap ketiga, melibatkan tindakan menghubungkan kata pengganti dengan karakteristik yang menonjol tersebut.
Memoro-memori Luar Biasa

          Orang-orang yang memiliki memori yang tidak lazim atau luar biasa dapat diklarifikasikan sebagai pakar mnemonic profesional, yakni orang-orang yang secara sadar menerapkan teknik mnemonic, atau pakar mnemonic spontan, yakni orang-orang dengan kemampuan mnemonic yang telah berkembang sedemikian rupa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar