Nama :
NurulAmaliaSyahrullahYulianto
NIM : 16410165
MemoriJangkaPendekdanMemoriJangkaPanjang
Ketikaseseoramgmendapatkansuatuinformasibaru,
informasibarutersebutakandisimpandalammemorinya. Nah,
memorimanusiaitusendiriterbagimenjadidua, yaitumemorijangkapendekdanmemorijangkapanjang.Suatuinformasi
yang tersimpandalammemorijangkapendekakanmudahhilang,
sedangkanpersentasekehilanganinformasidalammemorijangkapanjanglebihkecil.
Memorijangkapendekbersifatsementara.Artinya,
informasi yang tersimpandalammemorijangkapendek (STM) akanmudahhilangataulupa.
Teori yang menyebabkanterjadinyakelupaanpada STM terbagimenjadidua.Yang
pertama, teoriaus, yaitukelupaan yang
disebabkansuatuinformasitidakdiingat-ingatsecaraterus-menerus. Yang kedua,
yaituteoriinterferensi yang
menyatakanbahwakelupaanakansuatuinformasiterjadiapabilasubjekmelakukanhal lain
ketikasedangmemasukkaninformasibarukedalammemorinyaatauadanyagangguan.
Beberapapenelitiansepertipenelitian Waugh dan Norman
menyatakanbahwainterferensi yang seringmengakibatkankelupaan.
Seperti
yang telahditulis di paragraph sebelumnya, informasidalam STM
hanyatersimpansementara, yaitu 20-30
detikjikatidakdiulang-ulang.Jikasuatuinformasibarutersebutdiulang-ulang,
makaakanterjadipenguatanmemoriterhadapinformasibarutersebut yang
kemudianakantersimpan di memorijangkapanjangatau long term memory (LTM). Informasi
yang telahtersimpan di LTM akanmenjadimemori yang
permanenataukemungkinanterjadikelupaanakaninformasitersebutsangatkecil.
Beberapapsikologbahkanmengatakanbahwainformasi yang tersimpan di LTM
tidakakanpernahhilang.
Untukmemasukkaninformasikedalam
LTM, adabeberapatrik yang bisadilakukan, antara lain pengulangan, pengodean,
danmembuatgambaran.Trikpengulangan, seperti yang telahditulis di atas,
bahwauntukmemasukkaninformasike LTM perludilakukanpengulangan.Misalnya,
ketikaseorangmahasiswapsikologi yang
seringbelajarmengenaiteoripsikologikpgnitif,
ketikaujianpsikologikognitifakanmudahmengerjakandaripadamahasiswa yang
tidakpernahbelajar. Hal inidikarenakanmahasiswatersebutmengalamikemudahanketikamemanggilinformasi
yang dibutuhkankarenasudahterjadipenguatanmemoriterhadapmaterikuliah yang
diujikan.Yang kedua, pengodean, yaitumenggantiobjeksuatuinformasidengansesuatu
yang unikdanmudahdiingat.Misalnya, ketikaseorangsantriberusahamenghafalkantentanghuruf-hurufqalqalah,
santritersebutmenggantihuruf-hurufqalqalahmenjadibajuditoko agar
informasimengenaihuruf-hurufqalqalahtersebutmudahdiingat. Yang
ketigayaitumembuatgambaran, yaitumembuatgambaran yang
akanmudahdiingatuntukmenggantiinformasi yang bersifat verbal.
Memorijangkapanjangmeliputimemoriepisodikdanmemorisemantik.Memoriepisodikyaitumemoriseseorangmengenaikejadianataupengalamanhidupnya.Misalnya,
seseorangmengingatbahwadialulussekolahpadatahun 2016.
Sedangkanmemorisemantikyaitumemoriseseorangmengenaipengetahuan.Misalnya,
seseorangmengetahuibahwa Indonesia merupakansalahsatunegara Asia Tenggara.
Selainmemoriepisodikdanmemorisemantik,
terdapatjugamemoriprosedural.Memoriproseduraltidakakanmudahhilangmeskipunseseorangmengalami
amnesia. Hal inidikarenakanmemoriproseduralberkaitandengantindakan-tindakan,
keterampilan, dan proses.Misalnyasaja, seorangpelukis yang amnesia
mungkinsajalupaalamatrumahnya, namundiamasihbisamelukissepertisebelummengalami
amnesia.
Ada
beberapacarauntukmengeteskualitasmemoriseseorang, di
antaranyayaitutesmemorilangsungdantesmemoritidaklangsung.
Tesmemorilangsungmemintaklienuntukmengingatkejadianmasalalu,
sedangkantesmemoritidaklangsungtidakmelibatkankejadianmasalalu.Tesmemorilangsungmengukurmemori
episodik, sedangkantesmemoritidaklangsungmemukurmemorisemantikseseorang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar