OlehGarinPrakoso (13410107)
STM
memilikifungsiutamasebagaitempatpenyimpanansementarasedangkan LTM
memilikifungsiuntukmemahami masa
laludanmenggunakaninformasitersebutuntukmengolah masa kini. Karakteristikutama
yang paling menonjoldari LTM adalahkeberanekaragamannya, penyandiannya,
abstraksiinformasi, struktur, kapasitas, danpermanensinya. Kapasitas LTM
tampaknyatidkterbatasdandurasinyaseolahtanpaakhir.
Lokasimemoridisimpanadalahdiseluruhbaginotak. Beberapa area
otaksepertihipokampus, korteks, dan thalamus
memilikifungsipentingdalampembentukanmemori. Dalam era
sepertisekaranginisaatkapasitaskomuterhampir-hampirtanpabatas,
kapasitasotakmanusiauntukmenyimpaninformasi yang mendetaildalamjangkawaktu lama
tetaplahtidaktertandingi. Chase dan Ericson
menggunakantigaprinsipdalammenjelaskankinerjamemoriyaituprinsippenyandian
mnemonic, prinsipstrukturpengambilaninformasi, danprinsippercepatan.
Selainitulatihan juga mampumengembangkanketrampilandankepakaran.
Dalamsebuahpenelitiantentang
VLTM (very long term memory)
didapatbahwatingkatrekognisiterhadapwajahrekankelasdidapatisangattinggisekitar
90% daripadarekognisinama.penurunantajamdalamrekognisidanpengingatansetelah 35
tahunmungkinmengindikasikansejumlah proses degeneratifdalammemorisebagaiakibatbertambahnyausiapartisipan.
Rekognisimemoriterhadapperistiwa-peristiwayangterjadijauhpada masa
laludipengaruhiolehtingkatpenyandianawal.
Menghilangnyasejumlahpengetahuanterutamaterkaitpemahamanbacaanterjadisetelahrentangwaktu25 tahun. secaraumumkemampuanberbahasaSpanyol
yang dipelajarisemasa SMA tersebutmasiheksissetelah 50 tahun. memori yang
permanensemacamitudisebutBahricsebagaipermastoredandiasumsikanbahwamemoritentangbahasaSpayoldapateksisuntukjangkawaktu
yang sangat lama. Para penelitimengujisampel yang terdididarimantanmahasiswa
yang telahmenyelesaikanmatakuliahpsikologikognitifsejak 12 tahun yang lalu.
Diketahuibahwaretensinamamenunjukkanpenururnan yang
sedikitlebihcepatdibandingkanpengingatandanrekognisikonsep. Memorisehari-harimenjadimemudarseiringberlalunyawaktu.
Linton mengamatiadaduajeniskelupaanyaitukelupaan yang
berkaitandenganperistiwa-peristiwa yang
terjadisecarberulang-ulangdankelupaanterkaitdengankejadian-kejadian yang memangdilupakansecaraalamiah.
Penyimpanan
LTM terjadiapabiladiulang-ulang di STM dalamjangkawaktu yang cukup lama.
Transformasiinformasiterjadiketkastruktur STM diotakmemilikisirkuit yang
berisikanaktivitas-aktivitas neural yang bergemadanmemiliki neuron-neuron yang
mamoubergerakdalamputaransecaramandiri. Mana kala
sirkuittersebuttetapaktifselamaperiodetertentuterjadilahperubahankimiawidanatau/
perubahanstrukturaldanmemoriakandisimpansecarapermanendalam LTM. Dalam LTM
informasidisandikansecaraakustik, secara visual, dansecarasemantik.
Otakdapatmenggunakanmetodeheuristik,
diawalidengananalisissensorikdangkaldandilanjutkanolehanalisis-analisis yang
semakindalam, semakirumit, semakitabstrak, dansemakinbersifatsemantik. Level
pemrosesanlebihmenyerupaipemrosesan yang tersebar yang memproses stimuli yang
sangat familiar danpenuhmaknasecaralebihmendalamdibandingng stimuli yang
kurangbermakna. Craik dan Lockhart
menyatakanbahwajejak-jejakmemoridibentuksebagaiproduksamingandaripemrosesanperseptual.
Dayatahanmemoridikonseptualisasikansebagaisuatufungsidarikedalamanpemrosesan.
Konsep
level pemrosesanmengalamikemajuanketika Roger, Kuiper, dan Kirker
menemukanbahwarefrensidirimerupakansebuahfaktor yang kuat.
Tugasstrukturalmerepresentasikanpenyandian yang paling
dangkalsedangkantugasrefrensidirimerepresentasikanpenyandian yang paling dalam.
Sejumlah orang
berpendapatbahwatugas-tugasrefresidiridisimpandalamsuatusistemmemorikhusus.
Skemadiriadalahsuatusistemterorganisasi yang terdiridariatribut-atributinternal
yang terpusatpadatopik “Aku, diriki, milikku”. Tulving menelitiadanyaaktivitas-aktivitas
neural namunberusahamendeskripsikanmemoriberdasarkananalisis unit pemrosesan
yang lebihhalus yang menyerupai neuron. Model
koneksionisadalahmemoritersebutdapatmenjelaskanpembelajarankompleks yang
merupakanjenisoperasimmemori yang kitajumpaidalamkehidupansehari-hari.
Bartleltmenganalsisbagaimanamemoridirekonstruksiyaitudenganpenghilanganinformasi,
rasionalisasi, tema yang dominan, tansformasiinformasi, transformasiurutan,
dansikappartisipan. Jenis-jenismemoriberdasarkanfungsiadaptifnyayaitukemampuanspasial,
karakteristi-karakteristifisik dunia sekelilingkita, hubungansosial,
nilai-nilaisosial, keterampilan-keterampilanmemorik,
danketerampilan-keterampilanperseptual.
Memorieksplisitterutamamengandalkanpengambilanpengakan-pengalamansadardanmenggunakanisyaratberuparekognisidantugas-tugas
recall. Memoriimplisitsebaliknyadiekspresikandalambentukmempermudahkinerjadantidakemerlukanrekokesisadar.
LTM
memilikifungsikendaliyaknitempatinformasi yang
relevandanbermaknamendapatkanperhatiankhusus. Memoriotobiografisadalahmemori
yang dimilikiseorangindividumengenai masa lalunya.
Pengetahuandeklaratifbersifateksplisitdanmelibatkanfakta-faktadanperistiwa-peristiwa,
sementarapengetahuanproseduralbersifatimplisitdandiaksesmelalukinerja. Priming
adalahsebuahtes yang didalamnyapartisipanmendapatknsebuahisyarat yang
berhubungandangansasaran. Memoriepisodikadalahsuatusistemmemorineurokognitif
yang memungkinkanseseorangmengingatperitiwa-peristiwapada masa lalunya.
Memorisemantikadalahmemorimengenai kata, konsep, peraturan, dan ide-ide
abstrakmemoriinipentingbagipenggunanbahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar