NAMA : Dina Rahmawati
NIM : 16410089
KELAS : PsikologiKognitif “D”
MEMORI MANUSIA, RAGAM, DAN KAPASITAS
Saatkitaberpikirtentangmemori,
kitaseringmembayangkansuatutempatpenyimpananluas yang
berisiinformasidanpengetahuan. memorimerupakansebuahelemenpokokdalamsebagianbesar
proses kognitif.
MODEL-MODEL MEMORI GANDA
Model
bergandainiberkembangpadaakhirtahunakhirtahun 1800-an. PadasaatituJames membagimemoriadaduajenisyaitumemorilangsungataudisebutmemori
primer (primary memory)danmemoritidaklangsungataudisebut (secondary
memory). James berpendapatbahwamemori primer itudisebut juga denganmemorijangkapendek
(STM) yaitutidakpernahmeninggalkankesadarandanmenyediakantayanganperistiwa
yang pernahdialami.
Sedangkamemorisekunderdisebutmemorijangkapanjang (LTM)yaitujalur-jalur
yang terpahatdalamjaringanotakmanusiadansetiapmanusiameilikistrukturjalur yang
berbeda. Memorimemilikisifat dualistic yakniTransitorisdanpermanen.
MEMORI
JANGKA PENDEK
Memori STM inimemilikikapasitas yang
jauhlebihkecildibandingkan LTM. STM sangatberperanpentingdalampemrosesanmemori.
STM mempunyaikapasitaskarakteristik lain yang
penyimpanannyaterbatasdiimbangiolehkapasitaspemrosesan yang juga
terbatasdanterdapat pula
pertukarankonstanantarakapasitaspenyimpanandankemampuanpemrosesan.
Dalam STM
diperlukanadanyadukunganneurosainskognitif yang mana
halinidigunakanpenelitianterhadap para pasien yang mengalamipadalobus temporal
di hipokamus yang
menunjukkanbahwastruktur-strukturtersebutberperandalampenyimpananmemorijangkapanjang.
Konsep STM memilikilandasanfisiologis yang ditegaskanolehstudi-studineurologisterhadappasien
yang mengalamikerusakanpadaotak.
Model
memorikerjadidefinisikansecarakonseptualsebagaisuatutipemejakerja yang
secarakonstanmengubah, mengkombinasikandanmemperbaruiinformasi yang barudan
lama. Model memorikerjamenyanggahpandanganbahwa STM hanyasepertikotak yang ada
di kepaladansemacam unit pemrosesaninformasi yang dikirimke LTM. Konsepini juga
menyanggahgagasanbahwakapasitas STM terbatashanyapadatujuh item. Miller menyusunhipotesisbahwakapasitaskitauntukmemprosesinformasimemilikibatassekitartujuh
unit.
STM danChungkingserangkaian
kata yang tentusajamengandunginformasi yang
lebihbesardibandingkanserangkaianhuruf. meningkatnyakapasitaspenyimpanan STM
dicapaimelalui proses chungkingyaitumenubahhuruf-hurufmenjadi
unit-unit kata yang bermakna. Proses Chungkingmerupakansuatu
proses yang pentingkarenamenjelaskanfeomena STM yang
mampumemprosessejumlahbesarinformasitanpamenyebabkankemacetanselamaberlangsungnyapemrosesaninformasi.
LTM danChungkingkemampuan STMmenanganiinformasidalamjumlahbesardiperlancarolehkemampuankitamelakukanchungkingyaitumengubahinformasimenjadi
unit-unit yang bermakna. prosedurChungking dalammemorijangkapendekmemerlukanadanyapengaksesaninformasidarimemorijangkapanjang.
penyandianinformasidalam STM
dapatberupainformasiauditorik, visual, atau semantic, tergantungjenistugas yang
dialamiseseorang. Sandi auditorikSTMtampaknyaberoperasimenggunakansandiauditorik.
Sandi yang paling dominandalam STM. Sandi
visual menyandikaninformasidenganmenggunakansandi visual.
penelitimenyajikanhuruf-hurufberpasangandalamtiga mode.Sandi semantic berhubungandenganmakna.
Buktimengindikasikanbahwapenyandian visual terjadisebelumpenyandianakusitikdan
semantic.
Pengambilaninformasidalam STM yang
berkecepatantinggitampaknyabekerjasecaramenyeluruhalih-alihbekerjasecara
self-terminating (berhentibekerjaapabilatelahmenemukaninformasi yang
diperlukan).Memoritampaknyadisimpansecara local dansecara general.
TEORI-TEORI
MEMORI dan MEMORI JANGKA PANJANG
LOKALISASI
Dan DISTRIBUSI LTM
Lokasitempatmemoridisimpanadalah di
seluruhotak, meskipun juga terpusat di bagian-bagiantertentu. sebagaicontoh,
studi-studi PET menunjukkanpada area frontal di
otakterlibatdalampemrosesanmendalamterhadapinformasi.
studitersebutmengindikasikanjenis-jeniskinerjamemoribersifatspesifik. Meskipundemikian,
dalampemrosesanspesifiktersebut, bagian-bagian lain di otaktetapterlibat,
meskipunhanyadalamtingkat yang rendah.
Prinsipspesialisasidandistribusifungsitersebutdidapatipadajenisjeniskinerjamemoridansistempenyimpanan
yang lain.
KAPASITAS
LTM
Kapasitasuntukotakmanusiamenyimpaninformasi
yang mendetaildalamjangkawaktu yang lama tetaplahtidakbisatertandingi.
Ingatbahwaotakmanusiaadalahsuatustruktur yang sedemikiankecilnya. Para
pakarmenggunakan LTM dengantigaprinsipyaituprinsippenyandian mnemonic,
prinsipstrukturpengambilaninformasi, prinsippercepatan.
DURASI LTM
Permastore Very Long Term MemorySejumlah data
penelitianmendukungadanyamemorijangkasangatpanjangatau very long term memory
(VLTM). Sebuahstudipenting yang menyelidikidurasi LTM dilakukanolehBahrick,
BahrickdanWittlinger (1975).
Menarikdicatatbahwatingkatrekognisiterhadapwajahrekansekelasdidapatisangattinggi
(sekitar 90% setelahrentangwaktu 34 tahun), sedangkanrekognisinamadanpencocokannamaberkurangsetela
15 tahun.
VLTM dalam Bahasa Spanyol –
BuktiAdanyaPermastore?Dalamstudi lain olehBahrick (1984; Bahrick&
Phelps, 1987), para penelitimengujimemoritentangbahasaSpanyol yang dipelajarilimapuluhtahunsebelumnya.
Memori yang “permanen” semacamitudisebutBahricksebagaipermastore,
dandiasumsikanbahwamemoritentangbahasSpanyol (danbahasa - bahasaasing lain)
dapateksisuntukjangkawaktu yang sangat lama.
VLTM
danPsikologiKognitifMemoritentangGambarSebuahdemonstrasi
yang menakjubkantentangkemampuanmanusiamengenaligambarsetelahjedawaktu yang
sangat lama, ditunjukkanoleh Shepard (1967). Beliaumemilih 612
gambarberdasarkansejumlahbesargambar yang mudahdiingat (sepertigambar -
gambariklan di majalah).
Memoriotobiografis
Memori yang
dimilikiseseorangmenmgenai masa lalunya.Fokusmemoriiniadalahseseorang- anda,
atausiapasaja. Andaadalahpakarmengenaimemoriotobiografisandasendirikarenatidakadaoraglan
yang bisamengetahuihidupandakecualiandasendiri. memoridapatmemberitahukitaberbagaihalmengenakepribadiandankonsepdirioran
yang bersangkutan. LTM kitatidakmerekaminformasisecara liar, namunselektif. Isi
memoriiniberisimemori-memori yang pentingatauaneh.
PENYIMPANAN
LTM
Transformasidari STM ke LTM
tersebutterjadikarenastruktur STM di otakmemilikisirkuit yang berisikan
neuron-neuron yang bergema (reverberating), yang memiliki neuron-neuron yang
mampubergerakdalamputaran (loop) secaramandiri.Manakalasirkuittersebuttetapaktifselamasuatuperiodetertentu, terjadilahperubahankimiawidan/atauperubahan
structural, danmemoriakandisimpansecarapermanendalam LTM.
Sandi dalamLTM
,informasidisandikansecaraakustik, visual, dansistematik.
Hakikatketigajenissandidalam LTM dapatdiilutrasikandenganmudah. Adapun level
pemrosesanotakdapatmenggunakanmetode heuristic yaitumetode yang
menuntunkepadapenemuansesuatu, ataupenyelidikanterhadapsesuatu,
sehinggamenyebabkanperumusanpikiran-pikiranataukesimpulanbaru.
Otakmenggunakanisyaratuntukmenentukankebermaknaaninformasisebelumakhirnyamemutuskanbagaimanainformasitersebutdiproses.
Level pemrosesan versus
pemrosesaninformasiyaitu model-model memori yang
menggunakankonseppemrosesaninformasipadaumumnyamenekankankomponen-komponen
structural (STM,LTM,Sensorik) denganpemrosesan (atensi, transformasiinformasi,
penyandian, dll) sebagaijenis-jeniskinerja yang berhubunganeratdengankomponenstrukural.
Model
memoridenganpemrosesaninformasimenekankankeberadaanserangkaiantahapan yang
didalamnyainformasidipindahdandiproses. Informasi yang
tidakmendapatkanatensipenuhakansegeradilupakan, sedangkaninformasi yang
diprosessecaramendalam yang diberikanpengertiankhusus,
dianalisissecaramenyeluruh, dandiperkayadenganasosiasiataucitra-citrabertahan
lama dalamingatan.
JENIS-JENIS
MEMORI
LTM sebagaisuatutempatpenyimpanan(repository)
segalahaldalammemoriyang saatitutidaksedangdigunakannamunmemlikimakna yang
pentingdandapatdiambilkembali.Berdasarkanfungsiadaptifnya:
1. KemampuanSpasial
:Informasimengenasilokasikita di duniadanobjek-objek yang penting.
2. Karakteristik-KarakteristikFisikDuniaSekelilingKita
:informasi yang memungkinkankitaberinteraksisecaraaman.
3. HubunganSosial
:pentinguntukmengetahuisiapakawankita, kerabatkita, dansiapa orang yang
dapatkitapercayai.
4. Nilai-NilaiSosial :Pengetahuanmengenaiapa
yang dianggappentingolehkelompokkita.
5. Keterampilan-Keterampilanmotorik
:pemanipulasianobjek.
6. Keterampilan-Keterampilanperseptual
:memahami stimuli dalamlingkungankita.
Jenis-JenisMemoriJangkaPanjang
1. MemoriEksplisit:Mengandalkanpengambilanpengalaman-pengalamansadardanmenggunakanisyaratberuparekognisidantugas-tugas
recall. Memoriinidibagiduayaitumemoriepisodikdanmemorisemantik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar