Nama : Ana maulidiahNurIllahi
Nim : 16410115
MEMORI
“
Memoriadalahlemarikacatempatkhayalandisimpan, petihartatempatlogikadijaga,
pintudepantempatkendaraanmasuk,
dansekaligussebuahdewanpenasehatbagipikiran-pikirankita”. Itulahpaparanpendapat
yang dikemukakanoleh St. Basile, daripendapat di
atasdapatdiketahuibahwamemeoriadalahtempatpenyimpananhal-hal yang
pernahdialamiolehkitasemua, memeoribertugassebagaipenyimpansekaliguspenyimpan
data-data yang masuk di dalammnya, baikitu yang bersifatmasihbaruataupun yang
sudah lama beradadidalammemorikita.
Model – Model MemoriGanda
Memoriganda (dualistic medel of
memory ), sayamengambildariteori yang dikemukakanolehjames,
jamesberpendapatbahwamemeorigandayaknimemorilangsungdanmemoritidaklangsung yang
disebutnyadenganmemori primer danmemorisekunder,
jamesmenyusunteorinyaberdasarkaninteropeksi,
daniamenganggapbahwamemorisekundersebagaisuatutempatpenyimpananinformasi yang “
gelap “ yang menyimpaninformasi –informasiataupengalaman yang
pernahdialaminamuntidakdapatdiakseslagi.
Memori primer
ataumemorijangkapendek (short term memory/STM) danMemorisekunder (long term memory/LTM), Didefinisikansebagaijalur-jalur
yang terpahatdalamjaringanotakmanusia , dansetiapmanusiamemilikistrukturjalur
yang berbeda, karenasetiapmanusiamemilikiperbedaanpolapikir,
lingkungantempattinggal, danmakanan yang dimakan,
tanpakitasadaribeberpahaldiatasmemberipengaruh yang
cukupbesarbagikinerjaotakdantentunyamemorikita,
jugabergantungdenganbagaimanacaramenusiaitusendirimenggunakanotaknyadenganbaikatausebaliknya.
Suatuefek “ awaldanakhir” dalam
item-item sejajar yang diasosiasikan ( Paired associates ) yang ditemukanoleh
Mary Calkins, seorangmurid William james,
ketikaseseorangmempelajarisebuahrangkaian item yang kemudianmencobamengingat
item-item tersebuttanpaharusmenyebutkannyasecaraurutdaridepankebelakang,
efekawaldanakhirmuncul , item-item yang berada di awalrangkaian (Primacy) dan
yang beradadiakhirrangkaian (recency) adalah yang paling diingat,
efekinikonsistendengankonsepmemoriganda.
Kita dapatmelacakkapasitaspenyimpanan
( storage capacity ) STM denganmengenalibatassaatkurva yang
menendaitimbulnyaefekakhirmulaimuncul, jumlah item
dalamrentangefekakhirjarangmelampauidelapan item, sehinggamemunculkanhipotesisbahwasistem STM memilikikapasitasterbatasdansekaligusmenjadidukunganbagi
model memoriganda.
MemoriJangkaPendek
Apayagkitapikirkantentangmemoritentulahmerujukpadasebuahtempatpenyimpanan
yang sangatbesar ,
luasdandidalmyapenuhdengankaset-kasetpenyimpanandandidalamyaberisiinformasidanoengetahuan,
jenismemori yang sepertiiniumumnyadisebutmemorijangkapanjang (LTM/ long term
memory), danmerupakansuatuaspekdarimemorikita , meskipun STM memiliki yang
jauhlebihkecildibandingkandengan LTM, namun LTM
memilikiperananpentingdalampemrosesanmemori, suatukarakteristik lain pada STM
adalahkapasitaspenyimpanannya yang terbatas .
Dan
jugadiimbangidengankapasitaspemrosesan Yang jug terbatas ,danbukanhanyaitu ,
terdapat pula pertukaran (tradeoff)
konstanantarakapasitaspenyimpanandankemampuanpemrosesan. Sejumlahfitur-fituristimewadalam
STM
danbagaimanfitur-fiturtersebutselarasdenganpemahamankitatentangpemrosesandanteori-teorimemori,
berdasarkanhasilpenelitianSuami-istri Peterson danjugapenelitain – penelitian
yang lainnya, sejumlahgagasan yang mendukungkeberadaanduapenyimpananmemoridapatdirangkumsebagaiberikut
:
1. Pengamatansehari-harimenunjukkanbahwasejumlahhaldiingatselamsesaatsedangkanhal-hal
yang lainnyadiingatdalamjangkawaktu yang lama.
2. Eksperimen
– eksperimenpsikologismenunjukkanbahwapengambilansejumlahinformasidalammemoriadalahkarakteristikkinerjamemorijangkapendek,
sedangkanoengambilansejumlahinformasi yang lain
adlahkarakteristikkinerjamemorijangkapanjang, misalnyaterkaitdengan data
awaldanakhir.
3. Studi-studifisiologismenunjukkanbahwakinerjamemorijangkapendekdapatmengalamihambatan,
sedangkankinerjamemorijangkapanjangtampaktetapstabil.
MemoriJangkaPanjang
Fungsidari LTM adalahkemampuankitauntukmemahamimasalaludanmenggunakaninformasitersebutuntukmengolahmasakini
, Karakteristikutama yang paling
menonjoldari LTM adalahkeanekaragamannya, penyandiannya, abstraksiinformasi,
struktur, kapasitas, danpermanensinya. Kapasitas LTM
tampaknyatidakterbatasdandurasinyaseolahtanpaakhir.Untukmemahamifenomenatersebutkitaharusmempertimbangkanaspek-aspekneurologis
LTM kapastasdandurasinya, carainformasinyadisimpan, danjenis-jenismemori.
Cara pakarmenggunakan LTM
1. Prinsippenyandian
mnemonic atau mnemonic encoding principle (terkaitdenganperorganisasian)
menyatakanbahwapakrmenyandiakninformasiberdasarkan basis pengetahuan yang luas,
yagdimilikiparapakartersebut, parapakartesebutmenggunakanpengetahuanyang
dimilikinyauntukmelakukan Chunking terhadapinformasi –informasibaru
2. Prinsipstrukturpengambilaninformasiatau
retrieval structure principle (terkaitdenganakses) menyatakanbahwaparapakarmenggunkanpengetahuanmerekatentangsuatusubjek
( sepertimengetik, bermincatur, bermain basket, memilihbarang)
untukmemngembangkanmekanisme yang sangatterspesialisasidanabstrak, yang
secarasistematikmenyandikandanmengambilpola-pola yang bermaknadari LTM, kemampuaninimemungkingkanparapakaruntukmengantisipasiinformasi
yang diperlukanuntukmengerjakansuatutugas yang familiar
danuntukmenyimpaninformasibarutersebutdalamsuatu format yang
memudahkanpengambilaninformasitersebut.
3. Prinsippercepatanatau
speed up principle(terkaitdengankecepatan)
menyatakanbahwalatihanakanmeningkatkankecepatanparapakardalammengenalidanmenyandiaknpola-pola,
selainituparapakarjugamampumengambilinformasidari LTM
secaralebihcepatdibandingkanparaamatir,
jikapenyimpanandanpengambilaninformasidari LTM
dapatdipermudahmelaluilatihanterus-menerus,
akibatnyakemampuanpemrosesaninformasiseolahtidakterbatas.
Jenis –jenisinformasi yang
disimpandalamLTM
Berdasarkankemungkinanfungsiadaptifnya,
disusunoleh Bower, 1975 adalahsebagaiberikut :
1. KemampuanSpasial
,Informasimengenailokasikita di duniadanobjek-objek yang penting,
pengetahuaninimemungkingkankitamelakukanpergerakanatau maneuver efektif di
lingkungankita.
2. Karakteristik
– karakteristikfisikduniasekelilingkita
,informasiinimemungkingkankitaberinteraksisecaraamandenganobjek-objek yang
kitajumpai.
3. Hubungansosialpentinguntukmengetahuisiapakawankita,
siapakerabatkita, dansiapa orang yang dapatkitapercayai
,mengenalisiapamusuhkitabahkanlebihpentinglagi.
4. Nilai-nilaisosial,
pengetahuanmengenaiapa yang dianggappentingolehkelompokkita.
5. Keterampilan-keterampilan
motoric, penggunaanalat, pemanipulasianobjek.
6. Keterampilan-keterampilanperseptual,
memungkingkankitamemahami stimuli dalamlingkungankita, mulaidaribahasahinggamusik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar