Nama
: Esa Laili Sindiana
Nim
: 16410097
Kelupaan
dan Mengingat
Teori-teori kelupaan
Hal pertama yang perlu diketahui dalam
situasi kelupaan adalah jawaban atas pertanyaan ini apakah suatu informasi
sungguh-sungguh memasuki otak kita ? apakah system sensorik kita tidak bekerja
saat informasi kita terima, ( misalnya,kita sedang menggunakan handphone dan
tidak bisa mendengarkan suara lain )? apakah energy atensi kita tidak diarahkan
ke stimulus yang relevan dalam lingkungan(misalnya,kita sedang melihat ke arah
lain ketika seseorang pencopetmerogoh dompet rekan kita dan tidak bisa melihat
pencopet tersebut)? Jika informasi tidak memasuki otak kita melalui
reseptor-reseptor sensorik akibat pengaruh system atensi, akibatnya tidak ada
informasi yang dapat diingat. Hal ini disebut dengan kegagalan penyandian dan
mengacu pada kegagalan memasukkan materi ke dalam LTM. Meskipun demikian,
terkadang kita tidak menyadari bahwa informasi yang kita pelajari tidsak
sungguh-sungguh memasuki memori kita.
Kegagalan konsolidasi adalah hilangnya
memori akibat gangguan organik yang terjadi saat pembentukan jejak memori yang
berakibat pada terbentuknya memori-memori yang tidak sempurna, bagi individu
yang bersangkutan dirasakan sebagai kelupaan. Dalam kegagalan konsolidasi, STM
bekerja dengan normal namun gangguan terjadi pada proses perpindahan informasi
dari STM ke LTM.
Amnesia adalah sejenis kelupaan yang
terjadi akibat adanya problem di otak. Amnesia dapat disebabkan oleh penyakit
Alzheimer dan sindrom Korsakoff, dan dapat pula diakibatkan oleh cedera
traumatic di otak. Penyakit Alzheimer menyebabkan problem memori dan sebuah
penelitihan modern mengidentifikasi bahwa
Alzheimer kemungkinan disebabkan oleh molekul-molekul protein yang
melekat secara berlebihan di glumatete. Yang menghambat fungsi glumatete
sebagai pengaktif proses-proses memori di otak. Sindrom korsakoff menyebabkan
problem memori sebagai akibat dari defisiensi serius vitamin B. seorang
individu dengan riwayat alkoholisme yang ekstrem dan panjang sering kali tidak
mengkonsumsi cukup makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitaminnya. Akibatnya
terjadilah kerusakan di otak karena sel-sel tidak dapat memproses glukosa tanpa
vitamin B.
Konfabulasi yakni membentuk sendiri
detail-detail yang hilang dari memori mereka. Amnesia retrogede adalah
hilangnya memori mengenai peristiwa-peristiwa sebelum terjadinya cidera otak.
Beberapa orang mengalami kehilangan memori tentang bulan-bulan atau tahun-tahun
masa lalu sebagai akibat dari gradient tempora, hilangnya memori terjadi paling
parah pada memori mengenai peristiwa yang terjadi sesaat sebelum cedera dan
menurun secara bertahap seiring mundurnya waktu. Dengan demikian memori yang
paling lama justru sering kali masih utuh. Amnesia anterograde adalah lenyapnya
memori mengenai peristiwa yang terjadi setelah cedera dan tidak bisa membentuk
memori baru.
Decay adalah memudarnya memori seiring
berlalunya waktu atau akibat jarang digunakannya memori tersebut. Dapat terjadi
di STM dan LTM yakni saat memori yang diakses memudar secara alamiah.
Interferensi retroaktif terjadi ketika memori baru menghambat pengambilan
memori lama. Sedangkan interferensi proaktif terajadi saat memori lama
menghambat memori baru.
Kegagalan pengambilan adalah ketidak
mampuan untuk menemukan isyarat memori bagi pengambilan memori tersebut.
Kondisi ini bersifat temporer namun dalam kasus tertentu dapat bersifat jangka
panjang.
Kelupaan yang disengaja adalah resepsi yang
disadari oleh memori, atau perasaan yang mengancam keluar dari kesadaran.
Memori yang ditekankan adalah memori yang disingkirkan seseorang dari
kesadaranya, terutam,a menyangkut memori yang menyakitkan.seperti pelecehan
seksual semasa anak-anak. Memori tersebut dapat dibawah ke kesadaran
psikoterapi.
Kekeliruan Memori
Memori palsu Roediger dan McDermott
mendemonstrasikan secara eksperimental bahwa mereka dapat dengan mudah
menimbulkan memori-memori palsu pada para partisipan peneliti mereka. Meskipun
sejumlah memori dapat direprisi selama kanak-kanak yang traumatic adalah memori
yang nyata. Loftus dan sejumlah peneliti yang lain menyanggah bahwa sejumlah
memori yang diambil kembali tersebut sesungguhnya adalah memori yang palsu, dan
cerota mengenai peristiwa traumatic tersebut. Memori palsu tersebut dapat
dibentuk memlalui pertanyaan manipulasi, hypnosis, pencitraan yang diarahkan
dan dorongan dan terapi yang menyarankan partisipan untuk bergabung dalam
terapi kelompok bersama korban lain yang juga menyatakan pernah mengalami
pelecehan sosial masa anak-anak dan membuat konstrumen partisipan semakin
menjadi jadi.
Mengingat
Sebagian besar kemampuan mengingat dan
melupakan dikendalikan oleh proses-proses neural yang mengatur seluruh proses
tersebut tanpa upaya sadar. Terkadang kita harus berada di situasi saat kita
harus menghafalkan hal-hal tertentu agar kita tidak melupakan hal-hal tersebut
dengan demikian mematikan tendensi alamiah kita untuk membiarkan informasi
memudar seiring berlalunya waktu, artinya situasi tertentu kita mengambil ahli
proses-proses memori kita. Meskipun demikian tanpa kemampuan membaca dan
menulis manusia tetap mampu mengingat banyak hal. Dalam subbab berikut kita
akan merangkum sejumlah system mnemonic yang menbantu orang-orang mengingat
hal-hal yang penting sekaligus mampu memberikan pemahaman bagi kita mengenai cara
kerja system memori kita.
Faktor-kaktor yang
meningkatkan kerja memori
Maintemance rehearsal akan menjaga
informasi tetap di STM. Dan elaborative
rehearsal mendorong informasi STM ke LTM. Seperti yang kita tahu proses dari
penyandian dapat menyebabkan meningkatkan potensi pengambilan memori dari LTM
dengan menyediakan isyarat yang dapat menyediakan akses bahwa orang-orang
mempelajari tugas-tugas yang memperlukan memori deklaratif atau tugas-tugas
yang memperlukan memori procedural menunjukan peningkatan kerja memori dalam
tugas-tugas tersebut apabila para partisipan yang bersangkutan diizinkan tidur
selama interval retensi.
Teknik-teknik Mnemonik
Mnemonik adalah sesuatu teknik yang
meningkatkan penyimpanan dan pengambilan informasi dalam memori. Memori dianggap
sebagai ketrampilan tertua dan yang paling dikagumi, memori dianggap sebagai
induk dari segala keterampilan lain. Diyakini bahwa jika kita tidak memiliki
memori, kita tidak akan pernah memiliki ilmu pengetahuan, kesenian maupun
logika.
Metode loci adalah metode yang
mengasosiasikan objek-objek tertentu dengan tempat-tempat tertentu. Dengan
secara mental mengunjungi lokasi tersebut, individu yang bersangkutan dapat
mengingat item yang diperlukan. Lokasi tersebut dapat berupahkamar, jalan yang
sering di lalui, atau bahkan sebuah rumah.
System kata bergantung adalah semakin
aneh dan tidak masuk akal citra yang anda bayangkan, semakin mudah item
tersebut anda ingat.
Metode kata kunci adalah yang berguna
dalam upaya mempelajari kosakata bahasa asing. Dengan mengasosiasikan sebuah
kata bahasa Inggris yang menyerupai arbol, suku kata “bol” dalam arbol bunyinya
menyerubai “bowl”. Para peneliti juga mengungkapkan secara umum tindakan
menyediakan kata kunci akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada
membiarkan partisipan membentuk kata-kata kunci sendiri.
Teknik-teknik Verbal
Terdapat sejumlah teknik tambahan yang
dapat digunakan berdasarkan huruf pertama dalam sebuah frase atau kumpulan kata
LAN, suatu istilah yang lazim ada masa kini, adalah akronim daro Local Area
Network. Akronim berfungsi sebagai suatu isyarat atau pemicu bagi kata-kata
danakronim tersebut menyediakan kata-kata yang akan anda hafalkan.
Akrosik
yakni sebuah frase atau kalimat yang di dalamnya huruf-huruf pertama
diasisiasikan dengan kata-kata yang diingat.
Mengingat nama, kemampuan mengingat
nama berdasarkan wajah adalah kemampuan yang penting, sedemikian penting
sehingga sejumlah politisi bahkan menyewa orang-orang khusus untuk membantu
mereka mengingat orang-orang yang mereka ketahui. Ada tahapan-tahapanya sebagai
berikur
Tahap
pertama, mengingat nama itu sendiri, dapat dilakukan dengan memperhatikan
detail pelafalan nama tersebut, dan kemudian membentuk suatu nama atau fase
pengganti dari nama tersebut.
Tahap
kedua, melibatkan pencarian karakteristik yang menonjol di wajah seseoarng
seperti dahi yang lebar, kumis yang khas, kacamata yang unik dll
Tahap
ketiga, melibatkan tindakan menghubungkan kata pengganti dengan karakteristik
yang menonjol tersebut.
Memoro-memori Luar Biasa
Orang-orang yang memiliki memori yang
tidak lazim atau luar biasa dapat diklarifikasikan sebagai pakar mnemonic
profesional, yakni orang-orang yang secara sadar menerapkan teknik mnemonic,
atau pakar mnemonic spontan, yakni orang-orang dengan kemampuan mnemonic yang
telah berkembang sedemikian rupa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar