KOGNISI SEPANJANG MASA KEHIDUPAN
Kognisi
manusia, ditinjau dari sudut pandang perkembangan , adalah hasil dari rangkaian
tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan
pertumbuhan pada tahap awal. Persepsi, memori, bahasa, dan proses berpikir kita
dikendalikan oleh struktur genetic dasar yang kita warisi dan perubahan yang
kita alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam
berbagai interaksi fisik dan social. Intinya, kognisi berkembang dalam bentuk peningkatan
mengikuti pola-pola yang teratur sejak bayi hingga masa dewasa, dan beberapa
kemampuan kognitif mengalami penurunan pada masa tua.
ØAsimilasi
dan Akomodasi : Piaget
Jean Piaget
menetapkan bahwa intelektualitas, sebagaimana fungsi-fungsi biologis, adalah
hasil dari adaptasi evolusioner, dengan demikian maka jalan terbaik untuk
memahami sifat dasar pikiran orang dewasa adalah melalui sudut pandang biologis
dan evolusioner, melalui penelitian terhadap aktivitas mental sejak lahir ,
serta observasi terhadap perkembangan dan perubahannya sebagai upaya proses
adaptasi terhadap lingkungannya.
Prinsip-prinsip
Umum Piaget ada dua dalam perkembangan kognitif, yaitu:
1.Organisasi
mengacu pada sifat dasar struktur mental yang digunakan untuk mengeksplorasi dan
memahami dunia.
2.Adaptasi
mencakup dua proses , yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah proses
perolehan informasi dari luar , pengasimilasiannya dengan pengetahuan dan
perilaku kita sebelumnya. Akomodasi meliputi proses perubahan (adaptasi) skema
lama untuk memproses informasi dan objek-objek baru di lingkungannya.
ØPikiran
dalam Masyarakat : Vygotsky
Sekalipun
Vygotsky dan Piaget hidup sezaman dan sama-sama tinggal di Eropa, mereka tidak
pernah bertemu. Merekapun tidak saling tahu mengenai karya masing-masing.
Tetapi Vygotsky lebih dahulu mengenal Piaget. Terdapat kemiripan dan perbedaan
teori di antara kedua ahli ini.
Tahap-tahap
perkembangan Vygotsky mengamati cara anak memilah-milah objek, seperti memilih
balok yang berbeda ukuran, warna, dan bentuk.Proses pemilihan tampak berantai
dan berubah-ubah.Berdasarkan observasi, Vygotsky berpikir bahwa anak melalui
tiga tahapan dalam perkembangan konseptual, yaitu :
1.Pembentukan
konsep tematik, dimana hubungan antar objek dinilai penting .
2.Pembentukan
konsep berantai.
3.Pembentukan
konsep abstrak yang menyerupai pembentukan konsep pada orang dewasa.
ØPerkembangan
Saraf
Ada empat
pendekatan digunakan dalam neuropsikologi perekembangan , yaitu:
1.Penelitian
perkembangan system saraf dalam hubungannya dengan perubahan kognitif
2.Penelitian
kognitif sepanjang rentang kehidupan individu berangkat dari kematangan
neurologis
3.Penelitian
patologi neurologis atau kerusakan yang mengakibatkan perubahan kognitif
4.Penelitian
eksperimental dengan memanipulasi otak atau dengan memperkenalkan beberapa
variable independen dan mengobservasi aktivitas otak , sebagaiman dilakukan
pada penelitian PET
Jadi,
Sepanjang rentang kehidupan , sejak bayi hingga usia lanjut , manusia dan
makhluk-makhluk lain dianugrahi kapasitas untuk mengembangkan kapasitas
mentalnya dengan cara memanfaatkannya . jika tidak digunakan dan dibiarkan
pasif , maka pertumbuhan otak dapat menjadi tumpul.
Laily No
16410236
Tidak ada komentar:
Posting Komentar